Xiaomi MI 4s, Performa Gahar Tampilan Menawan

kesan cantik belum tentu tidak bertenaga

      Siapa yang tidak tahu Xiaomi ? Perusahan teknologi asal China pimpinan Lei Jun ini telah menelurkan segudang produk-produk teknologi dari perangkat telekomunikasi sampai perangkat rumah pintar (Smart Home). Salah satunya adalah Mi 4S, smartphone besutan Xiaomi yang masuk jajaran ponsel high-end. Xiaomi Mi 4S diperkenalkan ke publik pada bulan Februari 2016, bersamaan dengan diluncurkannya Xiaomi Mi 5. Walaupun spesifikasi yang dimiliki oleh Mi 4S masih di bawah Mi 5, namun smartphone ini patut diperhitungkan mengingat spesifikasi yang diusung termasuk paling tinggi di kelasnya. Selain itu, tampilan smartphone ini sangat elegan dan mewah dengan dipakainya bahan kaca dan aluminium dalam sebagian besar body nya. Lalu bagaimana performa dari Mi 4s ini dalam pemakaian sehari-hari ? Penulis mencoba memberikan review berdasarkan pemakaian normal dan berat, mari kita lihat satu persatu.

Mi 4s

Bodi dan Tampilan Luar

      Mi 4S memiliki dimensi bodi 139.3 x 70.8 x 7.8 mm dan berat 133g, nyaman digenggam dalam satu tangan. Layar yang dipakai berjenis IPS LCD layar sentuh kapasitif berukuran 5 inchi dan memiliki piksel 1080 x 1920 berkerapatan 441 ppi yang nyaman di mata. Mi 4s tampil menawan berkat disematkannya bahan kaca pada bagian belakang sehingga tampak mewah. Mi 4s mengusung konsep unibodi, yang berarti batrei menyatu dengan bodi dan tidak bisa dilepas. Smartphone ini terasa ringan karena dipakainya aluminium sebagai bahan dasar bodinya. Tidak ada tombol fisik home yang disematkan pada Mi 4s, kecuali tombol power dan volume.

Kelemahan yang penulis temukan adalah licinnya bagian belakang perangkat karena digunakannya bahan dari kaca. Selain itu bekas sidik jari jadi mudah terlihat dan terkesan kotor. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya memasang pelindung casing agar bodi yang terbuat dari kaca tidak gampang pecah ketka terjadi benturan.

Dapur Pacu

Menilik jeroan dari Mi 4s, Xiaomi menjejalkan prosesor Qualcomm Snapdragon seri 808 yang dipadu dengan pengolah grafis Adreno seri 418. Prosesor Snapdragon seri 808 memiliki 6 inti, 4 di antaranya dapat berlari pada frekuensi maksimal 1440 MHz sedangkan 2 sisanya dapat berlari pada frekuesi maksimal 1824 MHz. Pengolah grafis Adreno seri 418 dapat berlari pada frekuensi maksimal 600 Hz dengan dibekali openGL versi 3.1. Dengan dukungan RAM sebesar 3 GB, alhasil smartphone gahar ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang besar. Penulis mencoba menjalankan permainan Asphalt 8 Airbone, Fifa 16 Ultimate Team, Implosion, dan Warhammer 40k Freeblade dengan settingan paling tinggi, semuanya dapat berjalan dengan lancar dan lag grafis pun sangat minim dan tidak mengganggu jalannya aplikasi.

Hanya saja, ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, smartphone agak cepat panas dan menjadi tidak nyaman digenggam ditambah bahan kaca yang mudah menghantarkan panas. Smartphone cepat panas namun cepat dingin ketika selesai menjalankan aplikasi.

Dukungan Jaringan dan Konektifitas

Pada era 4G seperti saat ini, sepertinya Xiaomi tidak mau ketinggalan untuk ikut menjejalkan kemampuan 4G pada smartphone nya. Hal ini terbukti dengan mampunya Mi 4s untuk berjalan pada jaringan 4G LTE, pun pada jaringan 3G, CDMA, dan GSM masih dapat digunakan. Untuk urusan Wifi, Mi 4s mendukung Wifi 802.11 a/b/g/n/ac dual band yang berarti Mi 4s dapat tersambung ke semua saluran wifi yang ada saat ini tanpa kendala apapun. Adanya dukungan Wifi Direct dan Hotspot mobile memudahkan dalam transfer data antar perangkat pada jaringan Wifi. Bluetooth versi 4.1 disematkan dalam perangkat Mi 4s yang mendukung fitur A2DP sehingga mendengarkan musik menggunakan headset bluetooth tanpa kabel dapat dilakukan dengan nyaman dan mudah. Sebagai penanda lokasi, Advance GPS berfitur GLONASS yang dapat dengan cepat mencari titik lokasi sangat berguna ketika kita berpergian atau mencari alamat. Kelebihan dari Mi 4s adalah adanya port infra merah yang berguna salah satunya sebagai remote control. Sangat jarang dijumpai smartphone pada jaman sekarang menggunakan port infra merah sebagai fiturnya. Penulis mencoba menggunakan Mi 4s sebagai remote control dan kompatibel dengan sebagian besar peralatan saat ini semisal TV, pendingin udara, dan kipas angin.

Sarana Multimedia

Tidak dipungkiri fotografi sudah menjadi hal wajib untuk semua orang, baik itu hanya sekedar memfoto objek sederhana maupun foto profesional. Untuk menjawab tantangan tersebut, Xiaomi menyematkan kamera berteknologi tinggi dengan resolusi 13 Megapiksel, bukaan aperture 2.0, fokous otomatis deteksi fase, dual LED, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, dan HDR untuk kamera belakang dan untuk kamera depan dilengkapi dengan fitur beauty face yang sangat cocok bagi pengguna yang suka ber-selfie ria. Selain membidik gambar yang diam, kamera pada Mi 4s dapat digunakan untuk merekam video berkualitas tinggi dengan resolusi 1080p pada 30 fps. Dengan demikian tidak akan ada momen yang hilang untuk dilupakan ketika Mi 4s menemani dalam setiap perjalanan. Untuk mengusir kesepian, Mi 4s memiliki kemampuan mengeluarkan suara musik yang apik. Loudspeaker terletak di bagian bawah dekat dengan port charger. Mendengarkan musik lewat headset juga dapat dilakukan dengan adanya port jack 3,5 mm di bagian atas smartphone. Sayangnya, kualitas suara yang masih mono belum mampu menghasilkan suara yang maksimal.

Fitur-fitur lainnya

Sebagai ciri khas Xiaomi, Mi 4s memiliki tampilan muka MIUI versi 7.0 dengan android OS versi 5.1.1 Lollipop. Walaupu begitu, sepertinya Mi 4s masih lama mendapatkan upgrade ke android versi 6, sesuai informasi yang didapat dari laman http://miui.com. Selain itu, MIUI 7 versi resmi dikeluarkan dalam versi China, tidak ada versi global padahal untuk perangkat Xiaomi lainnya mendapatkan MIUI 7 dalam versi global. Semoga ke depannya Xiaomi mau meluncurkan MIUI versi global untuk Mi 4s.

Untuk pengguna yang memiliki banyak foto, video dokumen, maupun game, jangan khawatir, Mi 4s memiliki storage yang sangat mumpuni yaitu 64 GB. Walaupun begitu, pengguna masih dapat menambah tempat penyimpanan dengan menyisipkan sd card tambahan.

Untuk menambah keamanan data, Xiaomi menyisipkan fitur fingerprint di mana smartphone hanya dapat dibuka oleh pengguna yang sudah didaftarkan sidik jarinya. Adakalanya fingerprint gagal mengenali sidik jari pengguna karena permukaan finger print atau jari pengguna yang kotor.

Kesimpulan

Mi 4s sebagai smartphone besutan Xiaomi memiliki performa yang tinggi dan tampilan menawan. Performa yang tinggi berkonsekuensi pada perangkat yang mudah panas. Selain itu bahan kaca terlihat agak rapuh dan licin ketika digenggam. Hal ini dapat diatas dengan memasang pelindung yang kuat. Secara garis besar, Mi 4s patut untuk anda miliki bagi anda yang mementingkan performa yang gahar untuk menjalankan aplikasi berat semacam game Asphalt dan tampilan menawan. Untuk saat ini, Mi 4s diberandol dengan harga Rp3.850.00,00 dan tersedia dalam warna hitam, emas, putih, dan merah muda, apakah anda tertarik ?

Spesifikasi Mi 4s, dikutip dari gsmarena.com

mi4s1

mi4s2

Leave a Reply

Your email address will not be published.